Nasional

Tim PKM-K UNNES Luncurkan Susikuble, Sumpit Kombinasi Sendok Garpu Edible 3in1 dari Kulit Durian

Semarang – Pada tanggal 30 Juni 2024 Tim PKM- Universitas Negeri Semarang sukses menyelenggarakan Grand Opening Susikuble di Simpang Lima Kota Semarang. Tim PKM-K Universitas Negeri Semarang (UNNES) ini menciptakan Susikuble, yaitu sumpit kombinasi sendok garpu edible yang terbuat dari kulit durian. Limbah kulit durian yang kerap menimbulkan bau dan mencemari lingkungan kini disulap menjadi produk inovatif dan bermanfaat.

Tim PKM-K Susikuble.id UNNES yang didanai oleh Kemendikbud Ristek ini didampingi oleh Prof. Nanik Wijayati M.Si yang merupakan dosen dari Kimia FMIPA UNNES. Tim PKM-K ini beranggotakan dua mahasiswa yang berasal dari Prodi Pendidikan Kimia yaitu Ainun Mardiah mahasiswa Angkatan 2022 sebagai Ketua tim, Laili Nur Azizah mahasiswa Angkatan 2022 sebagai Manajer Produksi Dan tiga mahasiswa yang berasal dari Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran yaitu Multazam Aqtar mahasiswa Angkatan 2022 yaitu sebagai Manajer Keuangan, Angga Dwi Ardianto mahasiswa Angkatan 2022 sebagai Manajer Pemasaran, Aulia Nabila Tussyifa mahasiswa Angkatan 2022 sebagai Manajer Administrasi. Program Kreativitas Kewirausahaan ini berjudul “ Susikuble: Sumpit Kombinasi Sendok Garpu Edible 3in1 dari Kulit Buah Durian dengan Teknologi Microwave Oven sebagai Suplemen Antioksidan”.

Susikuble merupakan inovasi yang tak hanya ramah lingkungan, tetapi juga memiliki nilai gizi dan praktis untuk digunakan. Kulit durian bagian dalam yang diolah menjadi tepung, dicampur dengan tepung terigu, telur, dan ekstrak sayur, menghasilkan produk yang aman dikonsumsi dan mudah terurai.

“Susikuble ini kami rancang untuk mengurangi limbah kulit durian yang meresahkan masyarakat sekitar akibat baunya dan keberadaannya yang mencemari lingkungan,” jelas Ketua Tim PKM-K Ainun Mardiah.

Lebih dari itu, Susikuble juga berfungsi sebagai suplemen antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini sejalan dengan penelitian yang menunjukkan bahwa kulit durian memiliki aktivitas sitotoksik dan antioksidan yang berkorelasi positif dengan aktivitas anti kanker. Susikuble dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan anak-anak usia dini. Bentuknya yang unik dan memiliki fungsi 3in1 (sendok, garpu, dan sumpit) membantu anak-anak belajar makan sendiri dan menggunakan sumpit dengan lebih mudah.

“Susikuble ini aman dikonsumsi karena terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya,” tambah Ainun.

Manfaat Susikuble tak hanya berhenti di situ. Produk ini juga membantu mencegah diabetes pada anak-anak, mengingat angka kasus diabetes pada anak-anak semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tertarik untuk membelinya? yuk pesan di instagramnya susikuble.id dan akun shopeenya susikuble.id.

Most Popular

Babenya adalah baca berita nya dari beragam situs berita populer; akses cepat, ringan dan hemat kuota internet.

Portal Terpercaya.

Copyright © 2016 BaBenya.com.

To Top