Nasional

Gelar Tular Nalar, Mafindo Yogyakarta Bantu Tingkatkan Literasi Digital untuk Lawan Hoaks & Bijak Bergawai

Yogyakarta – Program Tular Nalar merupakan salah satu Program Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) dengan segmentasi anak muda dan warga lanjut usia (lansia) Anak muda dan Lansia. Tular Nalar lahir sebagai program pelatihan literasi digital yang diinisiasi Mafindo dan didukung Google.org, dan Love Frankie sebagai mitra pelaksana.

Sebagai platform online, Program Tular Nalar juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengidentifikasi dan menyikapi hoaks, ujaran kebencian melalui literasi digital dan pemikiran kritis.

Kali ini tim Mafindo Wilayah Yogyakarta memberikan pelatiham Tular Nalar 3.0 berupa Akademi Digital Lansia kepada Kader Kalurahan Condongcatur. Selain peserta dari Kader Keluarahan juga ada perwakilan Komunitas Sosial Club dan warga sekitar Sleman. Acara digelar di Gedung Wacana Loka Kalurahan Condongcatur Sabtu, 31 Agustus 2024.

Koordinator Wilayah Mafinfo Yogyakarta yaitu Fitria Indrikesumawati, mengenalkan Mafindo dan menjelaskan tujuan kegiatan Tular Nalar Akademi Digital Lansia kepada peserta yang hadir.

“Mafindo murni relawan dan tidak terafiliasi dengan partai politik manapun. dengan adanya Pelatihan ini harapannya peserta bisa lebih bijak dan menjadi pintar dalam memggunakan gawai sehingga tidak terjebak dalam hoaks.” tuturnya.

PIC Mafindo Yogyakarta , Petrus Eko Nugroho, mengatakan bahwa pada kegiatan Akademi Digital Lansia mengangkat tema Lansia Bijak Bermedia Sosial.

“Melalui pelatihan ini diharapkan lansia memiliki kesadaran dan partisipasi terkait menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada, serta mampu menavigasi diri dengan banyaknya konten hoaks terkait pemilu yang menyesatkan.” ujarnya.

Dalam kegiatan yang diikuti 109 peserta dari kalangan pralansia (usia 45-60 tahun) dan kalangan lansia (usia 60 tahun ke atas) ini, ia menjelaskan lebih lanjut.

“Sistem pelatihan dalam kegiatan ini adalah diskusi dengan pendekatan Komunikasi Antar Pribadi dimana kami membagi dalam 10 Kelompok dalam 1 kelompok didampingi satu Fasilitator untuk memandu jalannya diskusi dalam group tersebut.” sambungnya.

Petrus Eko Nugroho juga menambahkan pelatihan kali ini juga mengajarkan juga Chatboot Kalimasada (085921600500) yang dimiliki oleh Mafindo, yang merupakan aplikasi cek kebenaran informasi.

Most Popular

Babenya adalah baca berita nya dari beragam situs berita populer; akses cepat, ringan dan hemat kuota internet.

Portal Terpercaya.

Copyright © 2016 BaBenya.com.

To Top